Friday, April 04, 2008

Bijak dalam Menggunakan Credit Card

Mungkin banyak dari rekan-rekan yang sudah membaca berbagai macam tips tentang topik ini dalam berbagai artikel, tapi saya tulis ini berdasarkan pengalaman pribadi saja, credit card bagai dua buah mata pedang disatu sisi dia bisa menyelamatkan keuangan kita tapi disisi lain terkadang credit card juga bisa menjadi beban hutang yang bisa mengubur kita bersama dengan bunga dan berbagi denda yang ada dan seumur hidup ga bakalan tenang karena dikejar debt collector jika kita tidak bijak menggunakannya. Saya pribadi kebetulan tidak pernah bermasalah dengan penggunaan credit card, saat ini saya memegang credit card dari 2 bank yang berbeda, yaitu BCA dan Citibank, bahkan dari kedua bank tersebut rutin menaikkan limit credit card saya tiap tahunnya karena mungkin mereka menilai saya tidak pernah bermasalah dengan pembayaran. Dalam penggunaan credit card ada beberapa hal yang perlu diperhatikan (ini berdasarkan pengalaman pribadi loh) :
  1. Jangan menganggap credit card sebagai uang lebih, penggunaan credit card merupakan hutang yang harus kita bayar pada saat jatuh tempo, jadi gunakan credit card sesuai dengan budget keuangan anda.
  2. Klo anda terpaksa membayar dibawah jumlah tagihan maka bayarlah diatas tagihan minimum karena klo kemampuan bayar anda pada pembayaran minimum itu artinya anda menimbun hutang baru dari bunga credit card itu sendiri.
  3. Usahakan untuk bisa auto debet paling ngga 10% dari total tagihan, hal ini akan menyelamatkan anda dari denda/late charges fee, jika anda lupa tanggal jatuh tempo tagihan.
  4. Selalu sisakan limit credit anda/jangan dipake penuh sapa tau ada keperluan mendadak yang ga bisa ditunda, Berdasarkan pengalaman pribadi saya, waktu itu anak saya sakit dan harus opname padahal tabungan lagi dipake beli stock barang dan fee saya belum cair jadi saye pake credit card aja utk bayar seluruh biaya pengobatan dan perawatan anak saya, sementara nunggu penggantian klaim dari asuransi, jadi pas jatuh tempo credit card kliam asuransi juga sudah ditransfer jadi saya merasa terbantu banget.
  5. Manfaatkan penawaran Bunga credit 0% , untuk barang barang tertentu dalam jangka waktu sesuai dengan penawaran, tapi jangan lupa kisaran harga pasar perlu di cek sapa tau harga uda include bunga.
  6. Dan yang paling penting berhati-hati dalam menggunakan credit card jangan memberikan informasi pribadi anda terhadap orang lain, bisa2 anda harus membayar tagihan yang bukan merupakan penggunaan anda pribadi.

7 comments:

Anonymous said...

ga punya cc Indonesia.duh..
egh ada kenalan di bank di bali ga mabk wid? mo bikin juga nih :)
mana bank yg bagus di Bali? katanya harus pake deposit gitu?

widi said...

@bli devari, saya jelaskan via japri aja yah

Anonymous said...

visa cards memang berguna banget. pernah dulu abis ngebatalin CC indo, CC amerika belom keluar. pas transit di singapore, duh...depositnya S$ 150.00. repot banget hrs ke atm dulu. kalo ada visa khan jd simpel.

Anonymous said...

saya cuman punya satu cc. lumayan lah untuk membuat credit history hehehehe ...

Anonymous said...

I apologise, but, in my opinion, you are not right. I suggest it to discuss.

Anonymous said...

In my opinion you commit an error. Let's discuss. Write to me in PM, we will communicate.

animal and wemon sex stories said...

Havinganother needy man climbing on my body was often more than I couldstand. Struggle was absolutely useless, so she pleaded, John,please, stop this.
gay true sex stories
dog and incest sex stories
free erotic porn stories
nifty pedo exam stories
brother sister sex stories
Havinganother needy man climbing on my body was often more than I couldstand. Struggle was absolutely useless, so she pleaded, John,please, stop this.