Pagi ini seperti biasa aku ama misua titip gek di rumah wangaya misua bilang mo beli dupa ama perlengkapan yoga titipan tamunya, karena toko langganan belum buka terpaksa dia nyari di toko yang dekat rumah yang kebetulan sudah buka dari pertama aku uda bilang ga sreg ama cara pelayanannya koq orang-orang nya ga friendly banget ketika misua tanya2 tentang barang yang mo di beli (maklum aja baik aku mo pun misua blm pernah liat tuh barang jadi kita takut aja klo salah beli ) tapi tau ga jawaban orangnya "aduh ga tau tuh liat aja di tempat lain klo disini semua yang kamu maksud tuh ga ada" duh ngenes banget aku denger jawabannya apalagi dia jawabnya kaya usir kita dari tokonya bener dengan muka yang ga enak banget.
Ya dah terpaksa deh aku cepet2 pergi dari situ dan coba lewat di toko yang biasanya misua belanja, dan kebetulan juga dia uda buka, dari awal sebelum masuk toko pun auranya uda beda banget pelayan toko dengan sigap menyapa sambil tersenyum dan menyapa " selamat pagi ada yang bisa dibantu" duh terus terang aku sebagai calon buyer jadi lega mendengar sapaannya uda gitu ownernya langsung menghampiri sambil coba denger penjelasan misua tentang barang yang mo di beli, ownernya pun bilang bahwa barang itu ada tapi stock toko dia lagi kosong tapi dia akan ambilkan ditoko temennya sambil tersenyum dia tanya no tlp yang bisa dihubungi jika barang sudah bisa diambil...bener-bener beda banget dengan toko pertama yang kita kunjungi.
Ini menjadi pelajaran penting aku dan misua tadi pagi bagaimana "service" menjadi penting banget ketika kita berhadapan dengan customer, jangan pernah memandang sebelah mata ke calon customer sapa tau dia membawa "deal-deal binis" besar untuk kita. Customer akan merasa sangat terbantu jika dia diberi refrensi baru terhadap apa yang dia butuhkan dan sekedar menyapa "Selamat pagi etc" secara psikologis memberi perasaan nyaman bagi customer itu sendiri.
No comments:
Post a Comment